Return On Investment

Pernah mendengar Return On Investment (ROI)? Return On Investment atau dalam istilah bahasa Indonesia bisa disebut laba atas investasi adalah rasio atau perbandingan uang yang didapat atau hilang pada suatu investasi relatif terhadap jumlah uang yang telah di investasikan.

Return On Investment Formula:

Sebagai contoh: Bila anda mendapatkan uang sebesar Rp. 4.000.000 dan uang yang telah diinvestasikan sejumlah Rp. 3.000.000 maka anda nilai laba atas investasi atau ROI adalah: 0.33 atau 33 persen.

Perlu diingat tidak semua investasi bisa mendapatkan Return of Investment secara langsung  (ROI = 0). Pembelian mesin fotocopy, printer atau mengecat kantor tidak akan menghasilkan pendapatan atau laba, jadi investasi semacam ini tidak mempunyai laba atas investasi.

Laba atas investasi sangat umum digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu penayangan iklan. Menayangkan iklan di Koran, majalah, radio, pembuatan website, pay per click dan search engine optimization adalah contoh investasi untuk pembuatan iklan. Untuk menhitung ROI anda harus mengetahui seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan oleh penayangan iklan tersebut.

Contoh perhitungan ROI untuk penayangan iklan pay per click:

Iklan A : Investasi yang dikeluarkan sebesar Rp. 5.000.000 selama sebulan, dan total pendapatan yang dihasilkan dalam sebulan sebesar Rp. 7.000.000. Jadi ROI yang didapat sebesar 40%.

Iklan B: Investasi yang dikeluarkan sebesar Rp. 8.000.000 selama sebulan, dan total pendapatan yang dihasilkan dalam sebulan sebesar Rp. 15.000.000. Jadi ROI yang didapat sebesar 87%.

Walaupun nilai investasi yang dikeluarkan untuk penayangan pay per click iklan B lebih besar dari iklan A, tetapi iklan B dinilai lebih berhasil daripada iklan A karena ROI yang didapat nilainya lebih besar.

Perlu bantuan meningkatkan ROI untuk iklan adwords atau jasa seo? Hubungi kami sekarang juga.