SEO Tips Untuk Pemula

Untuk menjadi pakar SEO memang tidak mudah. Diperlukan ketekunan untuk banyak belajar SEO dengan mengikuti perubahan algoritma dan juga dari pengalaman yang didapat. Tentu sangat menyenangkan bila berhasil menempatkan website baru mendapatkan rangking, memperbaiki rangkingnya, mempertahankan sekaligus juga mendapatkan trafik yang banyak dari hasil pencarian. Tantangan inilah yang selalu memberikan semangat dan menghilangkan kejenuhan duduk didepan komputer selama berjam – jam untuk menganalisa dan merancang strategi untuk suatu website.

Selain itu tantangan menjadi semakin besar bila menemukan website yang tidak mendapatkan rangking sama sekali di Google. Berusaha untuk mengetahui penyebabnya, lalu menerapkan strategi yang tepat agar website itu bisa mendapatkan rangking di Google. Bila langkah yang dilakukan dapat membuat website tersebut mendapatkan ranking dan berhasil pula memperbaiki rangkingnya akan memberikan kepuasan tersendiri.

Dunia SEO selalu dipenuhi dengan tantangan, Google selalu melakukan perubahan algoritma yang secara langsung akan berdampak pada hasil pencariannya. Selama beberapa bulan terakhir sudah lebih dari 10 kali Google mengadakan perubahan algoritma. Karena itu sekali lagi saya tekankan disini perlunya kesabaran dan perencanaan yang matang untuk memuluskan suatu website agar bisa mendapatkan peringkat yang bagus. Jangan menghalalkan cara yang dilarang oleh Google untuk menghindari website anda mengalami penurunan peringkat yang sangat tajam atau bahkan tidak terindeks sama sekali setiap ada perubahan algoritma.

Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk kesuksesan SEO:

1. Pencarian kata kunci atau keywords yang tepat.
Penggunaan kata kunci yang tepat akan membawa kepada kesuksesan SEO. Mengetahui kata kunci yang digunakan oleh pelanggan anda sangatlah penting. Setelah melakukan riset anda dapat mulai menggunakan kata kunci tersebut didalam konten.
Salah satu tools gratis yang dapat anda gunakan untuk mencari kata kunci adalah Google Keywords Tools.

2. Analisa website anda.
Ini adalah dasar dari proyek SEO anda. Bagaimana anda bisa menganalisa bila langkah yang anda lakukan telah tepat dan memberikan hasil bila anda tidak pernah menganalisa hasil kerja anda? Gunakan tools gratis Google analytics untuk mengukur hasil kerja anda.

3. Buat konten yang bermutu.
Konten website anda harus bermutu dan unik yang dapat memberikan nilai tambah untuk pengunjung website. Jangan sekali-kali mencopiyisi dari website orang lain. Ini tidak akan memberikan nilai tambah apa-apa, malah akan merugikan anda. Google akan memberikan penalti untuk website yang isinya hasil pengcopyan dari website lain.

4. Pastikan Website anda dapat di Crawl.
Beberapa website tidak mendapatkan trafik yang seharusnya didapat bukan disebabkan oleh konten website tersebut tidak bermutu. Seringkali saya menemukan website yang memiliki masalah teknik yang tidak disadari oleh pemiliknya. Website bermasalah seperti ini tidak akan bisa mendapatkan hasil rangking yang baik.

5. Jangan mencopy artikel dari website lain.
Artikel yang anda poskan haruslah orisinil, artikel hasil copy tidak akan dapat meningkatkan nilai website anda.